Monday, May 7, 2012

“NGLIMOET” Pemandian Air Panas

Gonoharjo merupakan nama sebuah desa dikaki gunung ungaran dengan ketinggian kurang lebih sekitar 730 meter dari permukaan air laut, sehingga menjadikan Gonoharjo berudara sejuk & segar apalagi ditambah dengan rimbunnya pepohonan besar.
Gonoharjo sendiri masuk dalam wilayah kecamatan limbangan, kecamatan paling selatan dari wilayah kabupaten Kendal. Untuk menuju ketempat inipun tidaklah susah, selain sudah tersedia angkutan umum, kondisi jalan disinipun sudah beraspal mulus, serta berkelok-kelok. Ditambah lagi dengan hawa udaranya yg sejuk & segar dengan pemandangan latar belakang gunung ungaran, menambah suasana perjalanan menjadi tambah asyik serta romantis (adem ayem kali……)


Obyek wisata alam pemandian air panas “Gonoharjo” memang dijadikan andalan pariwisata oleh pemerintah Kendal. Selain indahnya panorama alam yang ditawarkan, Gonoharjo memang satu-satunya tempat di kabupaten Kendal yang mempunyai sumber mata air panas alami.
Tak hanya itu, di tempat ini juga dilengkapi akan fasilitas penunjang lainya seperti tempat parkir yang begitu luas serta diapit berjajar warung makan, tempat MCK, tempat beribadah, tempat berkemah (bagi yang gemar camping tentunya) serta joglo istirahat. Dan bagi yang berkantong tebal, disinipun telah disediakan pondok penginapan.
Setelah membeli tiket Rp.8000,- kita bisa langsung masuk kawasan wisata alam gonoharjo ini, dengan melewati jalanan yang menurun terkadang juga menanjak disetiap perjalanan yang kita lewati,kita jg akan dimanjakan dengan suara gemercik air, serta kicauan burung-burung, ini semua membuat langkah kaki kita menjadi ringan tanpa rasa capek sedikitpun…
Setelah berjalan-jalan ria,kita akan disambut oleh letupan-letupan kecil dari “kawah margotopo” inilah salah satu kejaiban alam dari Gonoharjo yang perlu terus dijaga, karena memang kawah ini merupakan sumber mata air panas alami.
Disamping kawah margotopo ini, terdapat juga “kamar mandi kesehatan” dengan airnya yang hangat-hangat kuku, ditempat ini paling banyak pengunjung yang mencobanya, karena memang tempat yang satu ini diyakini bisa menyembuhkan dari berbagai jenis penyakit kulit.
Setelah beberapa saat kita mandi air hangat tersebut, tentunya perut kita terasa keroncongan, tapi jangan kuatir, disekitar kawah margotopo inipun juga telah tersedia warung makan yang akan selalu siap menemani perut kita, tak hanya itu, kitapun bisa sedikit beristirahat di joglo-joglo terdekat, sembari ngobrol-ngobrol & bersenda gurau.
Setelah puas menikmati suasana disekitar kawah margotopo ini, kita bisa turun menuju ke sungai yang begitu jernih airnya, kita pun bisa menyusuri air sungai ini sampai keatas bukit, karena memang aliran sungai ini nantinya diatas terdapat air terjun dengan ketinggian kurang lebih sekitar 15 meter dengak kondisi air yang begitu jernih, serta kubangan yang berbatu, menjadikan tempat ini asyik untuk mandi dengan sesuka hati, apalagi ditambah dengan suara gemuruhnya air terjun menjadikan suasana lebih tampak kealamiannya.
Gonoharjo ramai dikunjungi pada hari minggu pagi sampe sore, selain hari minggu ternyata di hari biasapun, tetap ada saja pengunjungnya, baik itu rombongan dari sekolahan, pramuka, pencinta alam, keluarga, sampai pasangan muda-mudi…( ehm..)

Anda belum berkunjung ke Nglimoet..???

0 comments:

Post a Comment