Wednesday, March 20, 2013

Pendidikan Budi Pekerti disekolah



Pencanagan Pendidikan Budi Pekerti disekolah hendaknya diterima dan disikapi bukan karena terjadi krisis akhlak semata melainkan karena secara substansial, koneksitas, keruangan dan waktu,kausalitas, dan formalitas. Mengajarkan pendidikan budi pekerti memang sulit dan rumit, selain sarat nilai, diperlukan dukungan semua pihak, konsistensi antara kata dan perbuatan, kualitas kata dan perbuatan, keteladanan, pembiasan, keterpaduan, dan kesinambungan. 
Hasil pemikiran menyimpulkan bahwa :
 (1) pendidikan budi pekerti seharusnya terintegrasi dengan semua mata pelajaran 
 (2) bentuknya dapat dalam hari terpadu, kurikulum terpadu, pembelajaran terpadu, dimana semua mata pelajaran/tema yang merupakan center core atau center of interest itu selalu mengaitkan dengan nilai-nilai dalam pendidikan budi pekerti yang relevan yang akan dikembangkan dalam pembelajaran semua mata pelajaran/tema dimaksud
 (3) komitmen yang perlu disikapi yaitu pengembangannya harus diproses sejak sebagai ide, dokumen, dan proses, memerlukan kejelian profesional dan penguasaan material, pendekatannya berkesinambungan, terpadu, dan berlanjut dengan pendidikan luar sekolah, pengarahan dam penguatan segera dan spontan.

1 comments:

  1. pendidikan budi pekerti tidak akan sukses tanpa teladan dari guru.
    salam dari wonosobo pak kasmo

    ReplyDelete