Monday, March 11, 2013

BAHAYANYA SUSU SAPI

Anak anda dan kita semua tentu butuh kalsium, tapi kadarnya tak sebanyak petuah sesat iklan yang bikin khawatir orangtua. Sejauh ini susu sapi asli mengandung 143 mg kalsium/100 gram.Kalsium tepung susu skim (bahan baku susu bubuk di pasaran) lebih tinggi lagi, 1300 mg/100 gram.(Yen, 2012)

Meski kalsium pada ASI cuma 34 mg kalsium/100 gram, tapi lebih kaya asam lemak esensial ketimbang susu sapi maupun susu bubuk. Pada ASI, asam linoleat yang penting bagi pertumbuhan saraf, kandungannya 11 kali dibanding susu sapi.(Ibid)

Protein bernama kasein pada susu sapi 300 kali lipat dibanding pada ASI. Namun ada horor mengintai bila dikonsumsi, yakni penggumpalan (koagulasi) pada saluran pencernaan berupa gumpalan besar, padat, keras yang sulit dicerna. Ini bisa menjelaskan mengapa banyak orangtua amat bersedih melihat derita anaknya yang diberi susu formula lantaran anaknya susah BAB, sambil orangtua mencongkel-congkel tinja anak yang susah keluar.Dan koagulasi itu pun sebabkan gangguan penyerapan zat gizi penting lainnya.(Ibid)

Diabetes tipe 1, kasus alergi anak dan reaksi auto-imun diduga terkait konsumsi rutin susu sapi.Begitu pun risiko kanker dan mad-cow akibat metode pemberian pakan sapi yang membuat kelenjar hipofise sapi jadi tak normal, maupun munculnya protein asing pada sapi. (Ibid)

Pada "World Breastfeeding Week", 1-7 Agustus 2006, Elisabeth Sterken, BSc, MSc, Nutritionist INFACT Canada/North America menyebutkan, susu di luar ASI membuat peningkatan beragam risiko seperti asma, alergi, infeksi saluran pernapasan anak, kanker anak, kekurangan nutrisi, penyakit kronik, diabetes, penyakit kardiovaskuler, infeksi pencernaan, radang telinga,penurunan perkembangan kecerdasan, efek samping akibat penambahan zat yang tak semestinya ada dalam susu.

0 comments:

Post a Comment