Friday, April 6, 2012

TRI DARMANING ASEPUH

TIGA (3)  TUGAS UTAMA ORANGTUA
(TRI DARMANING ASEPUH)

Kita sebagai orangtua tidak lepas dari kewajiban terhadap keluarga yang didalamnya terdiri dari: anak, Istri dan juga kerabat/saudara dan lingkungan social. Bahwa tugas utama orangtua yang seperti diatas sangat komplek dan beragam jenisnya. Untuk itu akan kita uraikan khusus tugas orangtua terhadap anak, yang dalam falsafah jawa disebut”TRI DARMANING ASEPUH” atau tiga kewajiban utama orangtua.
Apa sajakah yang dimaksud dengan Tri Darmaning Asepuh bisa dijabarkan antara lain dengan istilah jawa yaitu :
  1. Wur / Biaya
  2. Tutur / Nasehat
  3. Sembur / Doa
Dalam kesempatan ini penulis akan mencoba sedikit menjabarkan tentang Tri Darmaning Asepuh yang terdiri dari 3 hal di atas
  1. WUR / BIAYA
Wur itu identik dengan kekayaan ,sehingga bisa diartikan dalam bahasa Indonesia dengan maksud BIAYA, sehingga makna yang terkandung dalam wur / Biaya bahwa orangtua itu punya kewajiban untuk membiaya kehidupan anak – anaknya sebelum mereka menjadi pribadi yang mandiri meliputi biaya hidup, Sandang, pangan , tempat tinggal dan tak ketingggalan ada biaya mereka dalam mencari dan meneruskan pendidikan atau sekolah
Dalam kontek ini penulis ingin menggaris bawahi bahwa semua kebutuhan serta biaya yang menyangkut tentang pendidikan / sekolah menjadi tanggung jawab orangtua, sedangkan biaya yang dikeluarkan oleh Pemerintah itu hanya sekedar bantuan yang meringankan biaya pendidikan anak – anak kita.
  1. TUTUR / NASEHAT
Tutur dalam bahasa jawa diartikan ucapan , sedangkan dalam Bahasa Indonesia bisa diartikan dengan nasehat, sehingga makna yang terkandung dalam Tutur / Nasehat bahwa orangtua punya kewajiban memberikan nasehat atau petunjuk kepada anak – anaknya sebelum mereka terjun ke masyarakat untuk menjadi warga di lingkungan sosial masyarakat. Nasehat atau petuah yang disampaikan oleh orangtua untuk memberikan bekal hidup bagi anak – anaknya dalam mereka menjalani kehidupan bermasyarakat yang didalamnya terdapat beberapa norma – norma atau aturan yang berlaku di masyarakat.
Orangtua harus bisa memberikan Nasehat mengenai norma – norma yang berlaku tersebut serta bisa membedakan antara perbuatan yang baik dan buruk , perbuatan yang sesuai dengan hukum atau yang melanggar hukum baik hukum Negara atau agama.
Kesimpulan yang dimaksud dari kontek diatas bahwa orangtua harus senantiasa memberikan nasehat kepada anak – anaknya yang masih sekolah ataupun yang sudah lulus sekolah. Khusus untuk anak – anak yang masih sekolah orangtua harus selalu mengingatkan kepada mereka untuk selalu rajin belajar, selalu masuk sekolah, tidak membolos, dan selalu mengerjakan semua tugas yang diberikan oleh guru di sekolah.
  1. SEMBUR / DOA
Sembur dalam bahasa jawa artinya adalah mengeluarkan cairan dari mulut dengan sengaja dan dalam jumlah yang banyak. Pada tulisan ini kami mencoba memaknai sembur itu dengan arti yaitu Doa. Sehingga dalam kehidupan sehari – hari orangtua memiliki kewajiban dan tentunya punya tangggung jawab moral untuk mendoakan anak –anaknya semoga kelak akan menjadi anak – anak yang Sholeh – sholekah berguna bagi  Nusa , bangsa , agama dan keluarga.Orangtua mana yang tidak suka melihat anaknya menjadi orang sukses serta berguna bagi nusa , bangsa , agama dan keluarga, dan alangkah sedihnya orangtua jika melihat anak – anaknya menjadi sampah masyarakat, orang yang selalu menyusahkan orangtua, keluarga serta masyarakat.
 Kesimpulannya bahwa orangtua punya kewajiban selalu mendoakan anak – anaknya untuk bisa menjadi pribadi yang sukses dunia dan akhirat. Jika anak – anaknya masih dibangku sekolah mereka didoakan agar menjadi siswa atau mahasiswa yang berprestasi dan lulus ujian baik di sekolah maupun di kampus mereka.
Demikian sekelumit uraian yang bisa penulis paparan pada kesempatan kali ini, mungkin tulisan dan uraian yang saya berikan masih kurang dari sempurna, harapan saya jika para pembaca membaca tulisan ini sedikit banyak akan kembali untuk melihat dan merefleksi diri kita masing – masing apakah sudah pantas kita di sebut dengan orangtua. 

0 comments:

Post a Comment