Wednesday, February 22, 2012

REFLEKSI AKHIR 2011

Alhamdulillah,sebuah kata yang pantas penulis ucapkan atas beberap barokah dan rizqi dari Alloh SWT yang telah dilimpahkan kepada penulis. Sepanjang tahun 2011 ini banyak sekali yang diberikan-Nya kepada saya.Ini beberapa hal yang bisa penulis uraikan:
1. Simposium Nasional 
Pada tahun 2011 lewat info di internet yaitu http://litbang.kemdiknas.go.id penulis mengirimkan hasil penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan di sekolah SMP N 2 Kaliwungu tahun 2010 dengan judul UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR IPA FISIKA DENGAN MATERI BESARAN DAN SATUAN MELALUI  PENERAPAN METODE PETA KONSEP  / MIND MAP (Pemetaan  Pikiran) PADA SISWA KELAS 7 F SMP NEGERI 2 KALIWUNGU TAHUN PELAJARAN 2010 - 2011.Setelah melalui proses dan seleksi yang dilakukan olep Panitia,akhirnya di tetapkan 100 makalah yang masuk sebagai penelitian yang terbaik seluruh indonesia dan akan diundang oleh panitia untuk mempresentasekan hasil penelitiaannya.Pada tanggal 20 - 22 September 2011 atas undangan dari Balitbang Kemendiknas berangkatlah saya ke Denpasar Bali untuk mengikuti Simposium Nasional hasil Penelitian yang dilaksanakan di Hotel Aston Bali,sungguh merupakan sebuah berkah yang luar biasa bagi penulis karenanya.Semua fasilitas dan akomodasi yang tidak pernah penulis banyangkan dapat saya nikmati mulai dari tiket pesawat pulang pergi Denpasar - Semarang sampai dengan menginap di hotel bintang 5 yang fasilitasnya standar internasional .Dan yang paling menyenangkan adalah saya bertemu dengan 100 orang peneliti tentang pendidikan se Indonesia yang hadir pada saat itu mulai dari Guru, Dosen, ataupun para pakar pendidikan di Indonesia sungguh suatu hal yang jarang penulis dapatkan.Terima kasih ya Alloh...terima kasih untuk semuanya tak terkecuali 3 bidadariku (Nur Azizah,S.Ag istriku tercinta,Fadhila dan Safira putriku yang tersayang )

2. NICT 2011
Masih di tahun 2011 penulis lewat internet juga di http://kompetisiguruinovatif.com/tentang-kompetisi.aspx mencoba mengirmkan hasil penelitia saya yang berupa Implementasi ICT based Learning yang merupakan implementasi dari sebuah karya Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI) yang telah dilaksanakan dan dibuat dalam sebuah Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Alhamdulillah setelah melalaui proses seleksi akhirnya saya masuk seleksi 15 Finalis Microsoft National Innovative Teacher 2011
Pada tanggal 26 Januari 2012 diumumkan hasil Final Microsoft National Innovative Teacher 2011 namun sayangnya saya belum bisa masuk 4 besar Guru Inovatif yang akan mewakili Indonesia di ajang kompetisi guru se Asia Pasifik, selamat untuk para sahabatku:Argo Suseno, Estu Pitarto, Dodik Isdiyantoro dan Nura Uma Annisa jadilah yang terbaik dan mengharumkan nama Indonesia.Semoga Tahun 2012 kita masih dapat berjumpa lagi di Kompetisi yang sama.


Demikian sekelumit dan sepenggal kisah refleksi keberhasilan dan kegiatan yang telah saya peroleh atas Ridho dan karunia Alloh SWT,semoga tahun depan saya lebih bisa berprestasi yang lebih baik lagi , untuk kelanjutan refleksi tahun 2011 tunggu aja tulisan saya selanjutnya

1 comments:

  1. Barokallohufik.. Smg lain kali bs berbagi pengalamannya dg kami yg msh awam dg pendidikan di negeri ini,,

    ReplyDelete