Friday, January 18, 2013

PENYUSUNAN KISI - KISI SOAL


Sebentar lagi dunia pendidikan akan punya gawe besar yaitu kegiatan Ujian sekolah, Ujian Praktek dan terakhir adalah Ujian Nasional yang semua memerlukan adanya soal dan juga kunci jawabannya. Bahwa pembuatan soal itu memerlukan beberapa langkah langkah yang perlu dilakukan oleh seorang pendidik ( Guru ) diantaranya adalah penulisan kisi - kisi soal. Penulisan kisi-kis soal adalah kerangka dasar yang dipergunakan untuk penyusunan soal dalam evaluasi proses pendidikan dan pembelajaran. Dengan kisi-kisi soal ini, maka seorang guru dengan mudah dapat menyusun soal-soal evaluasi. Kisi-kisi soal inilah yang memberikan batasan guru dalam menyusun soal evaluasi. Dengan kisi-kisi penulisan soal maka tidak akan terjadi penyimpangan tujuan dan sasaran dari penulisan soal untuk evaluasi penulisan soal. Guru hanya mengikuti arah dan isi yang diharapkan dalam kisi-kisi penulsan soal yang dimaksudkan.
Dalam penulisan kisi-kisi soal, guru harus memperhatikan hal-hal berikut:
1. Nama sekolah
    Nama Sekolah ini menunjukkan tempat penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran yang akan  
    dievaluasi proses pembelajarannya. Ini merupakan identitas sekolah.
2. Satuan pendidikan
    Satuan pendidikan menunjukkan tingkatan pendidikan yang menyelenggarakan proses pendidikan dan
    akan dievaluasi. Satuan pendidikan ini  misalnya SD, SMP, SMA/SMK.
3. Mata Pelajaran
    Mata pelajaran yang dimaksudkan dalam hal ini adalah mata pelajaran yang akan dibuatkan kisi-kisi soal
    dan dievaluasi hasil belajar anak-anak. Misalnya Matematika.
4. Kelas/semester
    Kelas/semester menunjukkan tingkatan yang akan dievaluasi, dengan menvantumkan kelas atau semsester
    ini, maka kita semakin tahu batasan materi yang akan kita jadikan soal evaluasi proses.
5. Kurikulum acuan
    Seperti yang kita ketahui model kurikulum di negeri ini selalu berganti, akhirnya ada tumpah tindih antara
    kurikulum yang digunakan dan kurikulum baru. Untuk hal tersebut maka kita informasikan kurikulum yang
    digunakan dalam penyusunan kisi-kisi penulisan soal. Misalny, KTSP.
6. Alokasi waktu
    Alokasi waktu ini ditulis sebagai penyediaan waktu untuk penyelesaian soal. Dengan alokasi ini, maka kita  
    dapat memperkirakan kesulitan soal. Dan jumlah soal yang harus dibuat guru agar anak-anak tidak
    kehabisan waktu saat mengerjakan soal.
7. Jumlah soal
    Jumlah soal menunjukkan berapa banyak soal yang harus dibuat dan dikerjakan anak-anak sesuai dengan
    jatah alokasi waktu yang sudah dikerjakan untuk ujian bersangkutan. Dalam hal ini guru sudah
    memperkirakan penggunaan waktu untk masing-masing soal.
8. Penulis/guru mata pelajaran
    Ini menunjukkan identias guru mata pelajaran atau penulis kisi-kisi soal. Hal ini sangat penting untuk
    mengetahui tingkat kelayakan seseorang dalam penuisan kisi-kisi dan soalnya.
9. Standar kompetensi
    Standar kompetensi menunjukan kondis standar yang akan dicapai oleh peserta didik setelah mengikuti
    proses pendidikan dan pembelajaran. Dengan standar kompetensi ini maka guru dan anak didik dapat
    mempersiapakan segala yang harus dilakukan.
10.Kompetensi dasar
     Kompetensi dasar menunjukkan hal yang seharusnya dimiliki oleh anak didik setelah mengikuti proses
     pendidikan dan pembelajaran. Dalam penulisan kisi-kisi soal aspek ini kita munculkan untuk mengevaluasi
     tingkat pencapaiannya.
11.Materi pelajaran
     Ini menunjukkan semua materi yang  diberkan untuk proses pendidikan dan pembelajaran. Dalam
     penulisan kisi-kisi soal, aspek ini merupakan batasan isi dari materi pelajaran yang kita jadikan soal.
12.Indikator soal
     Indicator soal menunjukan perkiraan kondisi yang diambil dalam soal ujian. Indikasi yang bagaimana dari
     materi pelajaran yang diterapkan disekolah.
13.Bentuk soal
     Bentuk soal yang dimaksudkan adalah subjektif tes atau objektif tes. Untuk memudahkan kita dalam
     menyusun soal, maka kita harus menentukan bentuk yes dalam setiap materi pelajaran yang kita ujikan
     dalam proses evaluasi.
14.Nomor soal
     Nomor soal menunjukkan urutan soal untuk materi atau soal yang guru buat. Dal hal ini, setiap standar
     kompetensi dan kompetensi dasar, penulisan nomor soal dikisi-kisi penulisan soal tidak selalu
     berurutan.guru dapat menulis secara acak. Misalnya,  standar kompetensi A dan komptensi dasar A1
    dapat saja diletakkan pada nomor 3 dan seterusnya sehingga tidak selalu standar kompetensi pertama dan
    kompetensi dasar pertama harus diurutkan di nomor satu.

sumber :
http://victoryforpbi-a.blogspot.com/2012/04/kelompok-4-penyusunan-kisi-kisi.html

0 comments:

Post a Comment