Wednesday, April 25, 2012

Guru Dituntut Kreatif dan Inovatif


  



MALANG, KOMPAS.com - Salah satu kekurangan guru di Indonesia adalah rendahnya kemampuan kreativitas, inovasi, dan kurangnya penguasaan terhadap materi yang akan diajarkan pada siswanya. Kritikan tersebut disampaikan oleh empat pakar pendidikan asal Jepang yang menjadi pembicara dalam acara workshop pengembangan guru yang diadakan oleh fakultas MIPA Universitas Negeri Malang, bekerjasama dengan Japan International Coorporation Agency (JICA), Rabu (25/4).

Empat pakar pendidikan tersebut diantaranya, Masaaki Sato, Atsushi Tsukui, Rio Suzuki, dan Rie Takahashi. Ke empat narasumber tersebut menyampaikan materi secara bergiliran di depan ratusan perwakilan dosen dari berbagai Perguruan Tinggi (PT) di Jawa Timur.

Menurut Masaaki Sato, untuk di Indonesia, masih banyak kejadian di lapangan yang mengindikasikan ke gagalan proses pembelajaran juga diakibatkan oleh para guru sendiri. Di antaranya, guru tidak kreatif dan kurang memahami materi.

"Guru di Indonesia banyak yang tidak memiliki pengetahuan khusus, yang berhubungan dengan materi, atau guru tidak punya improvisasi, inovasi, ketika menghadapi siswa," jelas Masaaki, yang materinya diterjemahkan oleh penterjemah.

Masaaki juga menyampaikan pentingnya kreativitas dalam mengajar. "Kreativitas itu modal utama bagi guru. Ide-ide kreatif itu pertama kali bukan muncul dari murid, tapi guru. Karenanya wajar jika di Jepang ada guru yang menjadi penemu kemudian menular ke siswanya," paparnya.

Sementara itu Rie Takahashi menyampaikan bahwa perilaku belajar dan kreatif seharusnya bukan hanya terjadi di sekolah tapi juga di rumah. "Kalau anak cerdas, orangtua juga ikut menikmatinya karena anak adalah masa depan orangtua," katanya.

Ia menambahkan, siswa yang cerdas adalah potensi negara yang harus dididik dan dicerdaskan sehingga negara menjadi kuat dan maju.

Related Posts:

  • Kiat Mengatasi Hambatan Menulis Kiat Mengatasi Hambatan Menulis  Langkah awal untuk menuju terampil menulis adalah mengatasi ”hambatan menulis”, yakni kondisi yang menyebabkan seseorang tidak (bisa) menulis. Dalam bahasa Inggris, hambatan menulis d… Read More
  • 4 Alasan Guru Takut Lakukan PTK Dewasa ini banyak dijumpai guru yang belum melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) di dalam proses pembelajarannya. Mengapa? Ada 5 alasan utama yang menyebabkan guru takut melakukan PT… Read More
  • Mengapa Budaya Menulis Guru Masih Rendah MENGAPA BUDAYA MENULIS GURU MASIH RENDAH MENGAPA budaya menulis guru masih rendah ? Setidaknya ada tujuh hal yang mengangkangi pikiran guru sehingga tetap saja malas menulis. Pertama, pemberi motivasi tentang menulis ju… Read More
  • Rasulullah adalah guru utama di dunia ini, Ia adalah guru yang sangat dicintai murid-muridnya.Banyak pakar pendidikan yang menjelaskan tentang guru profesional, saya tidak akan menuliskan itu, banyak sumber yang bisa kita … Read More
  • Ciri-ciri Guru profesional Ciri-ciri Guru profesional Istilah profesional, dari tahun ke tahun mengalami pergeseran definisi dan prakteknya. Guru profesional bahkan dibedakan berdasarkan kemampuan dan pengalamannya serta lamanya bekerja. Sehingga… Read More

0 comments:

Post a Comment