Guraru, alias Guru Era Baru, adalah inisiatif yang dilaksanakan Acer Group Indonesia untuk meningkatkan IT-literacy atau melek TI pada para guru, sehingga guru dapat memanfaatkan teknologi dalam proses belajar mengajar yang efektif dan interaktif, serta dapat mendorong partisipasi aktif anak didiknya. Lebih lanjut lagi, hal ini merupakan langkah nyata dari komitmen Acer untuk meningkatkan penetrasi TI di Indonesia.
Adalah sebuah kenyataan bahwa sebagian besar dari 2,9 juta guru di Indonesia, termasuk “gaptek” alias gagap teknologi. Ini tentu mengkhawatirkan, sebab teknologi internet adalah salah satu fasilitas untuk mempermudah komunikasi tentang pelbagai jenis ilmu pengetahuan. Teknologi komputer dan internet, akan sangat mendukung perkembangan belajar-mengajar.
Perkembangan teknologi komputer dan internet, seolah membuat dunia tak lagi punya batas. Informasi pun berada dalam genggaman. Kearifan dan kecermatan dalam memanfaatkan perkembangan teknologi menjadi sangat penting. Untuk itu, keberadaan guru diperlukan untuk mengarahkan penggunaan teknologi secara beretika dalam pemilahan dampak negatif dan positifnya.
Mencuatnya situs-situs media sosial seperti blog, Facebook dan microblogging seperti Twitter, sangat mungkin dimanfaatkan untuk kepentingan belajar-mengajar. Komunikasi intensif dan interaktif antara guru dan murid dalam proses belajar-mengajar, akan makin maksimal dengan adanya situs media sosial tersebut.
Di beberapa sekolah, guru terkadang memberikan tugas dengan meminta muridnya membuka blog milik guru tersebut. Sebaliknya, murid pun bisa mengirimkan tugasnya, ke blog sang guru sebagai sebuah tanggapan. Bahkan murid pun, bisa membuat blog untuk berbagi, berdiskusi dengan teman-teman atau juga gurunya. Komunikasi interaktif ini hanya bisa terjalin bila keduanya sudah memanfaatkan teknologi dengan baik.
Itulah sebabnya, Acer Group Indonesia berinisiatif menyosialisasikan program Guraru secara lebih intensif. Yang telah dilakukan antara lain mengenalkan perkembangan teknologi komputer dan internet pada para guru di beberapa kota, di antaranya Balikpapan, DI Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Siantar, dan Bandung. Ke depannya, Acer akan memperluas cakupan pelaksanaan Guraru dengan menggandeng asosiasi profesi IGI dan PGRI, institusi pendidikan di antaranya Universitas Indonesia dan Universitas Bina Nusantara, serta Departemen Pendidikan Nasional tingkat Propinsi.
Sejak berdiri pada tahun 1976, Acer secara konsisten menjalankan misinya untuk menghilangkan penghalang antara manusia dan teknologi. Berfokus pada pemasaran merek produk PC-nya di seluruh dunia, Acer kini mendapat peringkat No.2 untuk penjualan PC dan No.2 untuk Notebook, dengan pertumbuhan tercepat di antara lima PC vendor teratas. Acer menjadi No.1 Notebook vendor di Indonesia tahun 2005 – 2009 (Data IDC PC Tracker & Gartner), sementara untuk total PC Acer menjadi No.1 PC vendor tahun 2007-2009 (Data IDC PC Tracker). Sejalan dengan strategi multibrand yang diimplementasikannya secara global, maka saat ini Acer Indonesia menaungi tiga merek PC di Indonesia: Acer, Gateway dan eMachines.
Sepanjang tahun 2009, Acer Group Indonesia mencetak pertumbuhan bisnis sebesar 60,9 persen untuk total komputer, dan menguasai pangsa pasar 25 persen. Sementara di lini komputer jinjing, Acer membukukan pertumbuhan sebesar 75.6 persen dengan pangsa pasar 36,3 persen. Seiring pertumbuhan bisnisnya di Indonesia, Acer pun memperluas jaringan purna jualnya ke seluruh Indonesia. Saat ini, layanan purna jual Acer hadir di 20+ kota melalui mitranya. Sementara itu, Acer juga membangun pusat layanan pelanggan satu-atap milik Acer sendiri, yang berlokasi tak hanya di ibukota propinsi tapi juga di kabupaten/kotamadya. Pusat layanan satu-atap ini didukung fasilitas pusat suku cadang, staff CS, engineer, dan integrated online system.
Acer Customer Service Center (ACSC) saat ini telah dibuka di Jakarta (2), Surabaya (2), Medan, Bandung, DI Yogyakarta, Semarang, Palembang, dan Makassar. Sementara itu, Acer Customer Service Point (ACSP) telah beroperasi di Solo, Madiun, dan Manado. Menyusul dalam waktu dekat, akan dibuka ACSC/P di seluruh Indonesia.
Sebagai langkah nyata Acer untuk menghilangkan jarak dengan pengguna setianya, maka Acer pun aktif terjun di media sosial, dengan aktif di blog korporat, Twitter dan komunitas online di Facebook.
Website: www.acer.co.id
Acer Blog: www.acerID.com
Facebook: www.facebook.com/acer indonesia
Twitter: @acerID
Bagi para pengguna Acer maupun para Guraru dapat membaca perkembangan teknologi di Acer Blog, termasuk mengajukan pertanyaan kepada dr.Acer yang siap memberikan solusi bagi masalah Anda. Selain itu, Acer juga secara regular menyebarkan informasi penting dan menarik baik melalui Facebook maupun akun Twitternya. Jadi, Bapak/Ibu guru tidak perlu khawatir karena tidak ada kata terlambat untuk belajar teknologi apalagi terjun di media sosial, karena tiap saat dapat menghubungi langsung Acer.
Bersama Acer, mari menyongsong era baru bagi seorang guru, Guraru!
0 comments:
Post a Comment