Saturday, December 17, 2011

Kisi-kisi Ujian Nasional Tahun 2011/2012


Kisi-kisi Ujian Nasional Tahun 2011/2012

UNUjian Nasional (UN) terlepas dari kontroversinya selama ini, merupakan peristiwa yang sangat luar biasa bagi siswa pendidikan dasar (SMP/MTs) dan menengah(SMA/SMK/MA). Mereka harus melewati UN sebelum benar-benar dinyatakan lulus dan mendapatkan ijazah dalam menempuh pendidikan selama 3 tahun. Tidak hanya siswa saja yang menganggap bahwa UN merupakan peristiwa luarbiasa, guru mata pelajaran yang diujinasionalkan juga merasakan hal yang sama.
Berbagai persiapan dilakukan oleh sekolah dalam menyambut UN mulai dari menyusun program sukses UN tingkat sekolah sampai bedah SKL melalui musyawarah guru mata pelajaran tingkat kabupaten. Semua persiapan menyambut UN tidak hanya melibatkan siswa kelas 9 dan guru kelas 9 mata pelajaran yang diujinasionalkan, tetapi seluruh warga sekolah turut terlibat di dalamnya terutama dalam hal mengkondisikan suasana sekolah yang nyaman, dinamis dan penuh semangat  sehingga siswa benar-benar siap dalam menghadapi UN.
Saat ini Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) telah mengeluarkan Kisi-kisi Ujian Nasional Tahun 2011/2012.  Jika dibandingkan dengan UN tahun lalu, untuk SMP kisi-kisi UN sudah murni menggunakan materi KTSP, tidak lagi irisan. Adapun Kisi-kisi UN mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) untuk SMP adalah sebagai berikut :
NO
KOMPETENSI
INDIKATOR
1.
Melakukan pengukurandasar secara teliti dengan menggunakan alat ukur yang sesuai dan sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.Menentukan besaran pokok, besaran turunan dan satuannya atau penggunaan alat ukur dalam kehidupan sehari-hari.
2.
Menerapkan konsep zat dan kalor serta kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari.Menentukan sifat-sifat zat berdasarkan wujudnya atau penerapan konsep massa jenis dalam kehidupan sehari-hari.
Menjelaskan pengaruh suhu terhadap pemuaian zat yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari.
Menentukan besaran kalor dalam proses perubahan suhu atau penerapan perubahan wujud zat dalam kehidupan sehari-hari.
3.
Mendeskripsikan dasar-dasar mekanika (gerak, gaya, usaha, dan energi) serta penerapan konseptekanan dalam kehidupan sehari-hari.Menentukan jenis gerak lurus atau penerapan hukum Newton dalam kehidupan sehari-hari.
Menentukan besaran fisis pada usaha atau energi pada kondisi tertentu.
Menentukan penerapan pesawat sederhanadalam kehidupan sehari-hari.
Menentukan besaran fisis yang terkait dengan tekanan pada suatu zat.
4.
Memahami konsep-konsep dan penerapan, getaran, gelombang, bunyi, dan optik dalam produk teknologi sehari-hari.Menentukan besaran fisis pada getaran atau gelombang.
Menjelaskan sifat bunyi atau penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
Menentukan sifat cahaya, besaran-besaran yang berhubungan dengan cermin/lensa atau penerapan alat optik dalam kehidupan sehari-hari.
5.
Memahami konsep kelistrikan dan kemagnetan serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.Menjelaskan gejala listrik statis dalam penerapan kehidupan sehari-hari.
Menentukan besaran-besaran listrik dinamis dalam suatu rangkaian (seri/paralel, Hukum Ohm, Hukum Kirchhoff) serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
Menentukan besarnya energi atau daya listrik dalam kehidupan sehari-hari.
Menjelaskan cara pembuatan magnet dan kutub-kutub yang dihasilkan.
Menjelaskan peristiwa induksi elektromagnetik atau penerapannya pada transformator.
6.
Memahami sistem tata surya dan proses yang terjadi didalamnya.Menjelaskan fenomena alam yang terjadi akibat perubahan suhu atau peredaran bumi-bulan terhadap matahari.
7
Mendeskripsikan konsep atom, ion dan molekul dihubungkan dengan produk kimia sehari-hari.Mengidentifikasi atom, ion, unsur, atau molekul sederhana serta penggunaannya pada produk kimia dalam kehidupan sehari-hari.
8.
Mendeskripsikan klasifikasi zat, sifat-sifat, dan perubahannya.Menjelaskan sifat-sifat fisika dan atau kimia berdasarkan hasil percobaan.
Menjelaskan perubahan fisika atau kimia berdasarkan hasil percobaan.
9.
Mendeskripsikan bahan kimia dalam kehidupan sehari-hari serta pengaruhnya pada tubuh manusia dan lingkungan.Menjelaskan bahan kimia dan dampak negatifnya bagi tubuh manusia dan lingkungannya.
Menjelaskan zat adiktif/psikotropika serta pengaruhnya bagi tubuh manusia.
10.
Mendeskripsikan ciri-ciri dan keanekaragaman makhluk hidup, serta pentingnya pelestarian makhluk hidup dalam kehidupan.Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup.
Mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan ciri-cirinya.
11.
Mendeskripsikan komponen ekosistem, interaksi antarmakhluk hidup dalam lingkungan, serta peran manusia dalam pengelolaan lingkungan.Menjelaskan interaksi antar makhluk hidup dalam ekosistem.
Menjelaskan usaha-usaha manusia untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan.
Menjelaskan hubungan antara kepadatan populasi manusia dengan kualitas lingkungan berdasarkan hasil pengamatan/kasus.
12.
Menjelaskan sistem organ pada manusia.Menjelaskan sistem peredaran darah pada manusia/penyakit yang berhubungan dengannya.
Menjelaskan sistem pencernaan dan enzim-enzim yang berperan pada proses pencernaan.
Menjelaskan sistem pernapasan pada manusia/penyakit yang berhubungan dengannya.
Menjelaskan sistem gerak pada manusia/penyakit yang berhubungan dengannya.
Menjelaskan sistem ekskresi/reproduksi pada manusia/penyakit yang berhubungan dengannya.
Menjelaskan sistem saraf/alat indera pada manusia.
13.
Menjelaskan sistem organ dalam kehidupan tumbuhanMenjelaskan struktur dan fungsi jaringan/ organ pada tumbuhan.
Menjelaskan respons tumbuhan terhadap pengaruh lingkungan luar.
Menjelaskan proses fotosintesis melalui percobaan-percobaan tentang proses tersebut.
14.
Mengaplikasikan konsep pertumbuhan dan perkembangan, kelangsungan hidup dan pewarisan sifat pada organisme serta kaitannya dengan lingkungan, teknologi dan masyarakat.Menjelaskan pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup.
Memberi contoh adaptasi makhluk hidup/seleksi alam dalam kelangsungan hidup makhluk hidup.
Menginterpretasi proses persilangan berdasarkan hukum Mendel.
Menjelaskan pemanfaatan bioteknologi untuk kehidupan manusia.
Jika mencermati kisi-kisi di atas, UN tahun ini terdapat materi kimia dasar seperti yang tertuang dalam KTSP sedangkan UN tahun lalu materi kimia tidak ada serta gambaran indikator yang lebih luas cakupan materinya dibandingkan indikator tahun lalu.  Semoga perubahan kisi-kisi UN tahun ini tidak mengurangi semangat siswa-siswa kita dalam menghadapi UN.
Untuk memperoleh informasi  mengenai Kisi-kisi Ujian Nasional Tahun 2011/2012  secara lengkap dapat dilihat di sini.
sumber : http://bsnp-indonesia.org

1 comments:

  1. saya juga dah ndonlod, pak. wew, sebuah kemajuan pesat buat ngeblognya, pak, ternyata dah bikin domain sendiri. kenapa ndak [akai mesin wordpress aja, pak?

    ReplyDelete